Kemenkes Menunggu Proses Vaksin Merah Putih

Kemenkes Menunggu Proses Vaksin Merah Putih

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan uji klinis tahap 3 Vaksin Merah Putih berlangsung sesuai dengan target. Namun, hingga saat ini Kementerian masih menanti hasil pengembangan Vaksin Merah Putih yang dikerjakan oleh sejumlah instansi.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan untuk penanganan Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan produksi Vaksin Merah Putih akan dilakukan pada awal 2021.

Dengan demikian, proses uji klinis tahap ketiga vaksin tersebut diperkirakan selesai setidaknya pada kuartal IV/2021. “Kemenkes masih menunggu hasilnya, dan yang pasti akan sesuai prosedur sebelum kemudilan uji klinis tahap 3 selesai dan mendapatkan izin edar Badan Pengawasan Obat dan Makanan [BPOM],” ujar Siti, Kamis (27/5/2021).

Penantian hasil pengembangan tersebut, sambungnya, sebagai pertimbangan penggunaan Vaksin Merah Putih secara bersamaan dengan pelaksanaan program vaksinasi pemerintah yang berlangsung sejak Januari 2021.

Nadia pun belum bisa menggambarkan perkiraan perihal penggunaan Vaksin Merah Putih dan menjelaskan bahwa pemerintah sangat bergantung kepada progres pengembangan. Menurut informasi terbaru dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), fase uji klinis Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga bermitra dengan PT Biotis rampung pada kuartal IV/2021.

Saat ini, pengembangan VMP di dua instansi tersebut berlangsung di fase praklinis. Dengan target rampung pada kuartal IV mendatang, awal 2022 pemerintah memperkirakan vaksin tersebut bisa diproduksi secara massal.

Masih dalam rangka melakukan percepatan, pemerintah mengembangkan PT Bio Farma bisa menyerahkan laporan interim dalam waktu yang tidak terlalu lama guna mengantongi izin dari BPOM lebih cepat.

Sumber : Ekonomi & Bisnis

Buruan Tlp/Wa 0878 8525 8206 | 0813 9555 1190 | 0813 1600 1020 | 0813 3000 9003

Kalau sudah banyak Customer yang percaya sama Hygiene-Q memberi jaminan 100% aman dan buat mudah. kenapa masih ragu cari sana sini apalagi harus pusing Sendirian