Perhatian! Lepas Masker Wajib Pakai Aturan.

Hidup berdampingan dengan Covid-19 membuat keseharian kita selalu ditemani dengan masker. Untuk itu, bukan hanya cara pakainya yang diatur, namun cara melepasnya pun masker memiliki aturan.

Selain untuk membasmi penyebaran virus, masker juga mempunyai kegunaan lainnya, seperti membasmi penularan penyakit, membasmi kambuhnya alergi akibat udara, serta melindungi diri dari polusi udara.

Dalam penjelasannya, BPOM menjelaskan bahwa masker medis memiliki aturan tahap-tahap tata cara pembuangannya, di antaranya:

1. Lepaskan masker melalui bagian tali dari belakang telinga

Kita wajib melepaskan masker dengan hati-hati. Jangan asal-asalan, karena dapat membuat kuman dan percikan air liur menyebar. Lepaskan masker melalui bagian tali dari belakang telinga dengan perlahan.

2. Lipat masker sehingga kuman/droplet ada di bagian dalam lipatan

Lipatlah masker ke bagian dalam, sehingga kuman atau droplet ada di bagian dalam lipatan tersebut. Hal ini untuk mencegah kuman dan percikan liur menyebar seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan melipatnya ke arah dalam, maka bagian masker yang bersih akan tetap berada di luar, sehingga risiko menulari orang lain pun menjadi berkurang.

3. Disinfeksi masker dengan disinfektan

Setelah melipatnya ke bagian dalam, selanjutnya adalah menggunakan disinfeksi dengan disinfektan. Hal ini dimaksudkan agar virus dan bakteri yang terdapat pada masker bisa mati sebelum kita membuang masker.

4. Rusak masker dengan menggunting

Kita bisa melaksanakan cara ini dengan menggunting tali dan tutupnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyalah gunaan masker yang telah digunakan sebelumnya.

5. Masukkan ke wadah atau plastik yang aman

Kemudian, kita bisa memasukkan masker ke dalam wadah atau plastik yang aman terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah. Cara ini dilakukan agar masker yang telah dibuang benar-benar sudah aman dalam keadaan tertutup.

6. Cuci tangan setelah membuang masker

Setelah mencoba semua cara membuang masker tersebut, hal terakhir yang harus selalu kita lakukan adalah mencuci tangan. Cucilah tangan setelah membuang masker dengan memakai sabun dan air mengalir selama 20 detik. Kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer yang lebih praktis.

Cara membuang masker di atas ini perlu diketahui serta dilaksanakan setiap orang guna mengurangi penyebaran Virus COVID-19. Jadi, mulai sekarang terapkan langkah-langkah di atas ya!

Sumber : Kompasiana

Kalau sudah banyak Customer yang percaya sama Hygiene-Q memberi jaminan 100% aman dan buat mudah. kenapa masih ragu cari sana sini apalagi harus pusing Sendirian.

Buruan Tlp/Wa 0878 8525 8206 | 0813 9555 1190 | 0813 1600 1020 | 0813 3000 9003